Tempat Informasi Berbagai Usaha

5/02/2009

Empuk jok mobilnya, empuk juga rejekinya









Letakkan kursor untuk memperjelas tulisan
Peluang bisnis bengkel mobil layak juga anda pertimbangkan. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika ingin sukses di bisnis ini, simak pengalaman seorang pengusaha jok mobil yang telah sukses berikut ini.

Jika di benak anda terlintas ide untuk membuka usaha bengkel jok mobil, cobalah untuk mempertimbangkannya sepintas memang jauh dari kesan menarik apalagi menguntungkan tapi jika diamati lebih jauh pasti akan mendapatkan kesan yang berbeda. Investasi awal untuk mendirikan usaha jok mobil tidaklah terlalu besar berbeda jika dibandingkan dengan bidang usaha otomotif lainnya seperti showroom mobil, toko onderdil, bengkel sevis mobil ataupun toko aksesoris mobil lainnya. Untuk mendirikan usaha bengkel jok mobil hanya perlu tempat, beberapa mesin jahit khusus, bahan baku, alat potong, dan beberapa tenaga ahli dibidang tersebut, jika syarat-syarat tersebut diatas bisa dipenuhi maka bisnispun sudah bisa dijalankan. Selain itu, ada potensi yang cukup besar, yakni "keuntungan" yang bisa didapat dari bisnis itu. Potensinya bisa dilihat dari karakter pasarnya yang cukup unik. Mereka adalah orang-orang dari kalangan menengah keatas, mereka loyal apalagi jika layanan yang ditawarkan dapat memenuhi kepuasan hati mereka. Order yang didapatpun tidak sebatas pada penanganan jok yang rusak atau sudah masuk masa peremajaan lebih dari itu banyak juga yang mengganti joknya karena merasa tidak nyaman dengan model standar pabrikan bahkan tidak sedikit yang berganti-ganti kulit jok mobilnya sekedar untuk mengikuti tren dan mode.
Coba banyangkan jika pengelolaannya dilakukan dengan baik tidak menutup kemungkinan anda menerima kebanjiran order yang artinya sangat berpotensi menghasilkan omzet dalam jumlah yang cukup besar. Dari sekian banyak orang yang terjun kebisnis itu adalah Wildan, pria umur 38 tahun. Dia berhasil dari bisnis bengkel jok mobil yang dikelolanya sejak tahun 2002, omzet yang dikantonginya bisa mencapai Rp.250 hingga Rp.300 juta perbulannya bahkan disaat tertentu omzetnya bisa mencapat Rp.400 jutaan perbulan.

PENGELOLAAN
Kisah itu hanyalah salah satu potret keberhasilan dari sekian banyak orang yang telah berani terjun ke bisnis itu, tidak semuanya memiliki cerita yang sama seperti yang dialami Wildan, bahkan sebagian ada yang sampai gulung tikar. Mendirikan bengkel jok mobil dan proses pengelolaannya adalah dua hal yang sangat berbeda. Meski proses mendirikannya relatif mudah namun belum tentu dengan proses pengelolaannya, banyak yang terjebak diantara keduanya mereka hanya tergiur dengan prospek keuntungan namun saat memulai bisnis mereka tidak berdaya untuk mewujudkannya.
Dalam proses pengelolaannya marilah belajar dari pengalaman Wildan yang telah berhasil mengatasi segala kendala. Bengkel yang didirikannya disekitar jln. Pangeran Antasari, Cipete, Jaksel, nama bengkelnya Mr. Seat yang sekaligus menjadi label dari produk sarung jok mobil yang diproduksinya. Dimasa-masa awal Wildan mengaku 1,5 tahun pertama adalah masa-masa sulit, pada saat itu hanya ada 10 sampai 20 order perbulannya yang bisa didapat jika perharinya mendapat satu order maka 10 hingga 20 hari bengkelnya nganggur tentunya dengan jumlah tersebut tidak banyak yang bisa diharapkan.
Namun sejak itu ada beberapa hal yang Wildan lakukan sehingga mampu mendongkrak popularitas Mr. Seat yang akhirnya menjadi terkenal dan diperhitungkan. Wildan mengaku bahwa beriklan adalah cara yang baik untuk menaikkan kepopuleran misalnya dengan promosi melalui iklan di koran dan berbagai media lain, jangan ketinggalan juga mengikuti event-event pameran otomatif, Wildanpun sekarang masih getol mengikuti even-event seperti itu.

5 comments:

freedom_dwie said...

man kolom shout mix?

Kucing Bunted said...

tinggal di edit lagi aja sob...
semangat... ^_____^

Haniseh said...

pasang geovisite nya juga yah..belajar aja ama kang dwi..saya juga lagi blajar ama dia..buat ruang chatting..harus pasang shoutmix.com ...semangat bro

tipsofblog said...

Kunjungan balik bro...hehe

Ali Mahrus said...

blog telah terparkir jangan lupa bayar parkir ya

Followers List